7 Latihan Sederhana Untuk Mata Lelah

Mata merupakan salah satu nikmat yang sangat besar manfaatnya bagi makhluk hidup, dengan mata kita bisa melihat jalan setapak agar tidak terjatung ketika berjalan, melihat betapa luasnya bumi ciptaan sang maha pencipta ini. jadi bersyukurlah bagi kita semua yang masih memiliki nikmat mata ini, karena dengan nikmat melihat kita bisa tau banyak hal yang terjadi di sekitar kita.

Dan ternyata ada fakta menarik tentang mata, ternyata mata kita selama ini tidak bisa melihat warna merah, yang kita lihat warna merah selama ini adalah percampuran dari warna hijau dan kuning. dari kombinasi kedua warna itulah penglihatan kita dapat menangkap warna merah. tetapi disini kita tidak membahas tentang keunikan mata kita, tetapi akan dibahas bagaimana caranya mengembalikan fokus mata atau me-refresh mata. beberapa cara dibawah ini mungkin bisa dilakukan untuk mengembalikan kembali daya fokus dari mata kita.
Sumber
 1  Cari Posisi Nyaman
mungkin ketika bekerja dalam waktu yang lumayan lama dan menatap layar monitor terus menerus mata akan terasa lelah, nah saat itu usahakan cari posisi duduk bersandar atau berbaring yang senyaman mungkin.

 2  Menempel Daun Sirih
daun sirih dipercaya juga dapat membantu untuk mengembalikan daya fokus mata kita. lakukan dengan menempel daun sirih pada kelopak mata saat akan tidur. namun juga harus dibarengi dengan makanan yang mengandung asupan nutrisi yang baik untuk mata seperti wortel.

 3  Pijatan
memijat sekitar area pelipis membentuk lingkaran kecil dan lakukan sekitar 20 kali searah jarum jam. kemudian 20 secara berlawanan arah sebelumnya. lalu lanjutkan ke tengah alis dengan gerakan memijat. lalu akhiri dengan pijatan lembut pada area sekitar bawah mata.

 4  Melihat Alam Sekitar
ketika terbangun dari tidur dan saat membuka jendela lalu lanjutkan dengan melihat pepohonan di sekitar rumah dan fokuskan penglihatan pada jarak paling jauh yang bisa dipandang. lakukan selama 5 - 10 menit secara teratur setiap pagi hari, selanjutnya rasakan peningkatan fokus penglihatan anda.
Sumber
 5  Senam Mata
dengan melakukan gerakan mata pada saat mata terpejam dengan latihan yaitu dengan mengarahkan bola mata keatas kemudian lakukan penglihatan dengan mata tertutup dengan gerakan searah jarum jam dan sebaliknya.

 6  Refleksi Telapak Tangan
lakukan dengan menggosokkan telapak tangan hingga terasa panas, kemudian pejamkan mata dan letakkan telapak tangan yang hangat tadi diatas kelopak mata selamat lima detik, lakukan secara berulang-ulang.

 7  Fokus Pensil
pegang sebuah pensil dan posisikan sekitar 20 - 30 cm di depan mata, fokus kedua bola mata pada satu titik pensil didepan, kemudian dekatkan sampai 5 cm, selanjutnya secara perlahan kembalikan ke posisi semula hingga 7 kali.

dari beberapa tips diatas semoga bisa membantu bagi anda yang mengalami kelelahan pada mata. jika cara diatas dilakukan secara rutin ketika ada gejala mata lelah. baca juga 5 Cara Mengatasi Mata Lelah di Depan Monitor, bagi anda pekerja kantoran. semoga bermanfaat.
Salam Blogger.
Unknown
Unknown

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment