Kalimat Untuk Sungkem-an Bahasa Jawa

lebaran biasanya identik dengan maaf-maaf-an, karena merupakan hari yang fitrah dan suci setelah sebulan di sucikan di bulan ramadhan. biasanya maaf-maafan dilakukan sambil silaturahmi kerumah saudara dan tetangga. tapi yang paling utama kepada kedua orang tua. karena sebab mereka ada kita dijadikan Allah ada. kayaknya mulai lari dari topik kalo diterusin. :)
Sumber

disetiap berbeda suku dan daerahnya maka berbeda pula kebiasaan dan tata caranya, seperti misalnya cara sungkem (baca : salam-salaman saat idul fitri) juga pasti ada perbedaan di setiap sukunya. disini akan saya tuliskan kata-kata yang biasa di ucapkan ketika sungkem dalam bahasa jawa.


*                                                                          *
ngaturaken sedoyo kelepatan kulo
ingkang kulo sengojo lan mboten kulo sengojo
nyuwon pangapunten ing dinten riyadi meniko
selaminipun
*                                                                          *

diatas merupakan kalimat sederhana yang biasa diucapkan ketika sungkem-an, hanya disarankan untuk orang-orang yang darah jawanya campuran, namun dituntut untuk bisa sungkem bahasa jawa. karena di pulau sumatera hal ini adalah lumrah. dan ini tidak disarankan digunakan oleh orang-orang yang paham dan ngerti bahasa jawa. karena bagi yang paham mungkin akan lebih panjang dan lebih ribet. :) semoga bisa bermanfaat bagi sobat blogger yang darah keturunannya sudah malang melintang jawa-sumatera-papua ataupun lain-lain.
Unknown
Unknown

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment