7 Cara Menghindari Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat memang menjadi hal yang paling klasik, karena banyak sekali bagian-bagian yang terdapat didalamnya. kabar buruknya maksiat ini terkadang dilakukan oleh seseorang tetapi orang tersebut tidak merasa melakukan perbuatan maksiat atau yang lebih parah adalah kita tau maksiat tersebut tidak disukai Allah tetapi karena besarnya nafsu, kita tetap saja melakukan perbuatan maksiat tersebut.
Sumber
Jika kita bersungguh-sungguh ingin meninggalkan perbuatan maksiat maka kita harus menguasai diri kita, atas izin Allah. karena maksiat ini merupakan bagian dari diri kita sendiri. untuk itu disini kita akan membahas bagaimana cara agar tidak jatuh ke dalam perbuatan maksiat.

 1  Belajar Ilmu Agama
karena ada sebagian orang yang melakukan maksiat yang sebenarnya dia tidak tau kalau yang dilakukan itu adalah perbuatan maksiat. dengan memperbanyak ilmu tentang agama maka kita bisa menghindari dan membatasi apa saja yang boleh dilakukan dalam agama islam.

 2  Menguasai Diri
belajar untuk bisa menguasai keinginan untuk berbuat yang dilarang oleh agama, ada sebuah kata mutiara bahwa banyak orang ingin merubah dunia tetapi gagal karena tidak bisa mengubah/menguasai dirinya sendiri.

 3  Memahami Kelemahan Diri
setiap manusia memiliki kelemahan yang berbeda-beda, ada orang yang sabar terhadap kemiskinan namun tidak tahan terhadap wanita. jadi hanya diri kita sendiri yang mengerti dimana titik kelemahan yang terdapat dalam diri kita.

 4  Memohon Perlindungan Allah
godaan dari syaitan juga dapat menjadikan kita untuk melakukan maksiat, oleh karena itu kita wajib memohon pertolongan allah agar terhindar dari godaan syaitan. untuk mengetahui seperti apa setan menggoda yaitu sifatnya adalah membuat sebuah rancangan. jadi jika kita pernah membuat rancangan ketikan melakukan maksiat berarti itu berasal dari setan.

 5  Menjaga Hati
kita juga harus memperhatikan peralatan canggih yang satu ini yang terdapat dalam tubuh kita, karena sepintar apapun manusia akan sangat mustahil untuk mengetahui apa yang terbersit dalam hati. jadi jaga hati kita untuk selalu memikirkan sesuatu yang baik.

 6  Jangan Mendekati Peluang Maksiat
perbuatan sesorang biasanya juga bisa berasal dari peluang yang ada. dalam kehidupan sehari-hari misalnya, seseorang yang lingkungannya adalah pelaku maksiat maka bukan tidak mungkin peluang kita jika didalam lingkungan tersebut juga sangat besar untuk melakukan perbuatan maksiat. jadi hindari berdekatan dengan peluang yang memungkinkan kita untuk berbuat maksiat kepada Allah.

 7  Memilih Teman
kita dilihat dari siapa teman kita, mungkin kita pernah dengar kata-kata seperti itu. memang pengaruh teman terhadap apa yang kita lakukan sangat besar. karena mereka yang selalu ada didekat kita. jadi jika teman kita baik maka kita lama kelamaan akan menjadi baik, begitu juga sebaliknya jika teman kita ahli maksiat maka besar kemungkinan kita akan terkena virusnya.

Semoga tips diatas bisa membantu kita untuk menghindari diri kita ketika akan melakukan maksiat, karena bagaimanapun caranya maksiat pasti akan ada dibumi allah ini. ia menjadi makanan bagi orang-orang yang memperturutkan nafsunya semoga dengan saling berbagi informasi kita dapat menjadi manusia yang kuat dan bisa menguasai diri kita. Aamiin.
salam Blogger.
Unknown
Unknown

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment