Adab dan Cara Ketika Berdoa

Dalam agama islam kita pada hakikatnya diharuskan untuk berusaha dan berdoa jika menginginkan sesuatu. sesuatu apapun itu, ingin kebaikan untuk dunia, dilancarkan rezeki, diberi hidayah, ingin pintar, bahkan jika menginginkan mainan sekalipun. kita diperkenankan untuk berdoa kepada Allah. karena ada ayat yang khusus memerintahkan kita semua untuk berdoa.
Sumber
Bahkan iblis yang jahat sekalipun diizinkan doanya oleh allah. namun resiko dari doa yang diminta oleh iblis ini harus ditanggung juga. wallahu a'lam.

Sebagai umat dari rasul terakhir, yang dimana rasul SAW. memiliki ahlak yang paling mulia. dalam berdoa kita juga di haruskan menggunakan adab dalam memanjatkan do'a, disini kita akan membahas bagaimana adab-adab yang baik ketika berdoa.

 1  Awali doa dengan pujian 
urutannya memuji Allah lalu dilanjutkan dengan bersholawat kepada Rasulullah SAW. jangan sampai lupa untuk memuji nabi muhammad SAW ini sebagai wujud dari rasa sayang kita kepada beliau, supaya kita mendapat syafaat di hari kiamat kelak.

 2  Mengadahkan tangan
bersikaplah sebagai seorang hamba yang baik. karena ketika kita benar-benar memohon sebagai seorang hamba maka semakin baik pula adab kita sebagai hamba.

 3  Konsentrasi dan yakin
ketika berdoa usahakan pikiran kita juga terfokus terhadap apa yang kita mohonkan serta tanamkan dalam diri kita bahwa doa kita pasti akan dikabulkan, meskipun dalam wujud yang lain yang mungkin kita tidak sadari itu.

 4  Tenang dan Santun
tidak dengan bacaan yang terburu-buru ataupun dengan suara yang keras. karena Allah itu maha mendengar, jadi bayangkanlah Allah itu lebih dekat dari urat leher kita sendiri. dengan begitu tanpa teriak-teriak sekalipun maka akan sampai kepada Allah.

 5  Gunakan kata-kata yang ringkas
usahakan untuk menggunakan kalimat yang ringkas namun memiliki makna yang luas. jadi jangan menggunakan kata yang terlalu bertele-tele. isitlah anak sekarang "To The Point".

 6  Istighfar
ketika berdoa jangan lupa berdoa untuk ampunan terhadap diri kita sendiri, karena tidak ada manusia yang bersih dari dosa kecuali rasulullah SAW. yang telah memang menjadi tauladan bagi kita semua.

 7  jangan berdoa untuk hal buruk
jangan pernah sekali-kali untuk memohon keburukan terjadi, baik itu kepada diri kita sendiri, apalagi terhadap orang lain. karena sesungguhnya Allah lebih tau apa yang terbaik untuk kita semua.

 8  Jangan Lupa Ucapkan Aamiin
ucapkan Aamiin ketika doa sedang dipanjatkan, semoga doa kita diperkenankan oleh Allah SWT. Aamiin.

dari beberapa tips adab yang baik ketika berdoa diatas semoga bisa kita praktikkan ketika kita memohonkan doa kita kepada Allah. ketika usaha telah dilakukan maka yang kita lakukan setelah ada usaha harus di iringi dengan doa. jangan melakukan usaha tanpa doa serta tidak cukup hanya dengan doa jika kita masih bisa berusaha. semoga bermanfaat. Salam Blogger.
Unknown
Unknown

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment