Metode Cara Cepat Menghafal Al-Quran

banyaknya media yang memuat para penghafal Quran cilik, umur yang baru sekitar 3 - 7 tahun sudah memulai menghafal Al-Quran. hal ini secara tidak langsung menjadi magnet yang dapat menarik minat setiap orang yang melihatnya. dan hal wajar yang pasti dirasakan setiap orang tua ketika melihat anak-anak ajaib di TV yang masih kecil sudah banyak hafalan dan pegetahuan tentang Al-Quran, pasti akan merasa iri, semoga hal itu bisa memacu para orang tua agar mengarahkan anak-anaknya untuk menjadi penghafal Qur'an.
Sumber
sekarang kita mulai membahas tentang bagaimana cara/metode cepat menghapal Al-Quran, jadi mulai sekarang tanamkan dalam hati kita bahwa tidak ada yang instan, emang mie ada yang instan.. :) INGAT... Tidak ada yang instan. Okee.. Tetep semangat tapi ya..

untuk menyelesaikan menghapal 30 juz Al-Quran tidak bisa dengan cepat dan instan, kecuali orang-orang yang diberikan Allah kelebihan untuk itu. seperti orang-orang spesial pilihan Nya saja. namun metode untuk menghapal ada banyak, nah hal ini yang harus disesuaikan dengan minat kita dalam menghapal, terserah kitanya mau menggunakan metode seperti apa yang menurut kita nyaman dan akan cepat dalam menyelesaikan hapalan. dibawah ini ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghapal Quran.

1. Metode Mendengarkan
ini merupakan metode yang paling awal dan paling banyak digunakan oleh penghapal yang masih anak-anak yang belum bisa membaca Quran, jadi dengan sering mendengarkan akan memudahkan dalam menghapal.

2. Metode BT (Bersama Teman)
menghapal secara bersama-sama dengan membuat kelompok atau berdua dengan teman akan lebih efektif dalam menghafal Quran, karena bisa saling menyimak ketika menghapal. bahkan dengan metode ini secara tidak sadar kita ternyata juga sedang mengulang ketika menyimak teman kita yang sedang membaca hapalan.

3. Metode Menulis dan Merekam
dengan metode ini kita diajarkan untuk kembali merevisi bacaan kita sebelumnya juga dengan menulis kita dimudahkan ketika menghapal karena ketika kita menulis ulang ternyata kita akan membaca lagi dalam hati

4. Metode Mengulang
sebenarnya semua metode diatas harus diulang berkali-kali untuk mencapai satu hapalan. teknik mengulang ini lebih detail lagi telah dipraktekkan oleh Wirda mansyur, yang dikatakannya bahwa ini teknik termudah dari yang dia coba dari ratusan metode, Tips Hapalan Quran Wirda Mansyur. di artikel ini akan dijelaskan bagaimana wirda menghapal Quran Karim.
Sumber
jadi tidak ada yang instan dalam menghapal, yang ada cara termudah menurut kita. tinggal bagaimana kita menyesuaikan dari kemampuan dan minat saja. Semoga Bermanfaat, Salam Blogger.

Unknown
Unknown

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment